Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Warga Desa di Jepara ini Kumpulkan Banyak Hewan Kurban

Petugas menata hewan kurban yang telah disembelih dan dipotong di Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo, Jepara [KlikFakta.com/012]
KlikFakta.com, Jepara – Panitia kurban di Masjid Babussalam Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo dibentuk jauh-jauh hari, yakni lima tahun yang lalu. Itu dilakukan agar persiapan matang dan jumlah hewan yang dijadikan kurban semakin banyak.
Terbukti, tahun ini, panitia kurban masjid tersebut mampu mengumpulkan sembilan ekor sapi dan tujuh ekor kambing. Jumlah tersebut tergolong paling banyak diantara masjid yang lain di desa setempat dan sekitarnya.
“Iya kami yang paling banyak diantara masjid lain. Ada 9 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Ini karena kami paling lama membentuk panitia qurban. Sudah berjalan 5 tahun ini. Sedangkan masjid lain baru mulai tahun ini,” kata ketua panitia qurban Masjid Babussalam Amin Fatah bersama sekretaris Nadlori, senin (12/9/2016).
Ia menceritakan, hingga H-1 qurban, panitia berhasil menghimpun qurban 9 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Rata-rata, bentuknya menyetor uang masing-masing senilai Rp. 2,2 juta dengan catatan, Rp. 2 juta untuk hewan qurban, dan Rp. 200 ribu untuk operasional.
“Menjelang pemotongan hewan qurban pada hari pertama Idul Adha, ada tambahan lima warga yang menitipkan ke panitia dalam bentuk kambing,” tambahnya.
Dengan jumlah sebanyak itu, panitia membagi lebih dari seribu kantong daging. Tidak hanya untuk warga sekitar masjid namun juga warga desa tetangga yang secara geogrfis tak terlalu jauh dengan masjid.   
Banyaknya hewan qurban yang terhimpun karena panitia memfasilitasi warga yang ingin berqurban dengan cara menabung ke panitia. Bahkan ada sejumlah janda yang bisa berqurban dengan cara ini.
“Menjelang penyembelihan, kami umumkan ke warga soal fasilitas simpanan qurban ini. Harapan kami tahun depan lebih banyak,” tambahnya.
Kesuksesan panitia di Masjid Babussalam dalam lima tahun menginspirasi masjid lain di desa ini membentuk panitia. Secara keseluruhan, Desa Suwawal ini melalui 3 kepanitiaan di 3 masjid yang berbeda, jumlah hewan qurban yang dipotong mencapai 21 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Jumlah terbanyak dihimpun panitia di Masjid Babussalam yang terletak di RW 3 desa setempat.
“Kami dari RW berhasil menghimpun 6 ekor sapi dan seekor sapi,” kata ketua panitia di masjid RW 1 Sudarpatmiyanto. Sedangkan ketua panitia masjid RW 4 H. Akib menyebut, tahun pertama ini pihaknya mendapat kepercayaan menyalurkan qurban sebanyak 6 ekor sapi dan 4 ekor kambing. [KlikFakta.com/012]

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *