Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pemkab Kudus Siapkan Kawasan Menara Kudus jadi Destinasi Wisata Unggulan

Kompleks Menara Kudus (Foto: Detikcom)

KlikFakta.com, KUDUS – Pemerintah Kabupaten ( pemkab ) Kudus menyiapkan kawasan Menara Kudus jadi destinasi wisata unggulan. Totalnya ada 10 desa di kawasan itu.

“Dari 10 desa tersebut terdapat desa inti, yakni Desa Kauman. Sedangkan sembilan desa lainnya sebagai desa penyangga,” kata Kasi Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus M. Aflah pada Rabu (17/4/2024).

Sembilan desa itu meliputi Desa Janggalan, Desa Demangan, Damaran, Langgardalem, Bakalan Krapyak. Kelurahan Kajeksan, Kerjasan, Sunggingan, dan Purwosari.

Aflah mengatakan pihaknya sedang berupaya melakukan penataan kawasan Menara Kudus menjadi destinasi wisata.

“Kami juga tengah berupaya melakukan penataan kawasan Menara Kudus menuju konsep Sapta Pesona sebagai konsep sadar wisata dengan dukung peran serta masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya menciptakan lingkungan dan suasana kondusif,” jelasnya.

Unsur Sapta Pesona sendiri terdiri dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Selain itu, Pemkab Kudus juga mendorong pengembangan bidang kuliner di 10 desa itu.

“Tentunya, kuliner khas masing-masing desa bisa menjadi daya tarik karena tidak ditemukan di daerah lain. Misal, puli kotokan yang merupakan makanan khas Desa Kauman perlu dikemas dengan baik untuk menjadi daya tarik wisatawan,” ungkap Aflah.

 

Sumber: Ihram.co.id

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *