Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kemarau Mulai di Jateng Mei Mendatang, Paling Lama 7 Bulan

Ploughed field ( Filtered image processed vintage effect. )

KlikFakta.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Jawa Tengah secara umum akan memasuki musim kemarau pada Mei 2024.

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah Sukasno mengatakan musim kemarau paling awal akan terjadi pada pertengahan April 2024.

Beberapa wilayah yang diprakirakan paling awal memasuki kemarau yakni Kabupaten Rembang bagian selatan serta sebagian Kabupaten Blora dan Pati.

“Puncak kemarau diperkirakan terjadi antara Juli hingga Agustus 2024,” katanya, Selasa, 26 Maret 2024.

Sukasno menuturkan, panjang musim kemarau pada 2024 umumnya antara 4 sampai 5 bulan. Adapun yang paling panjang hingga 7 bulan.

Ia menambahkan, BMKG memprediksi Monsun Australia yang membawa udara kering mulai aktif memasuki wilayah Indonesia pada April 2024 mendatang.

Sementara untuk anomali suhu permukaan perairan Indonesia pada April hingga September 2024 diperkirakan hangat.

Ia pun meminta masyarakat lebih waspada di masa pergantian musim. Pasalnya pada masa ini mungkin saja terjadi cuaca ekstrem.

“Pada masa peralihan musim hujan ke kemarau, masyarakat diimbau untuk mewaspadai cuaca ekstrem,” jelasnya.

Sebagai informasi, monsun Australia merupakan pergerakan angin dari Benua Australia menuju Benua Asia.

Melansir IDNTimes, masa udara kering dan dingin dari benua Australia nantinya akan bergerak dengan tekanan lebih rendah di belahan bumi utara melewati wilayah Indonesia.

Ini menyebabkan angin timuran, yaitu angin yang bertiup dari arah timur hingga tenggara dan menyebabkan keringnya masa udara di Indonesia.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *