Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Jokowi Batal Jumatan di Masjid Menara Kudus, Terkait Mitos Rajah Kalacakra?

Presiden Jokowi saat berkunjung ke lokasi banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

klikFakta.com, KUDUS – Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Sebelum Jokowi datang, beredar informasi melalui saluran whatsapp tentang susunan kegiatan selama kunjungan di wilayah Demak. Salah satunya direncanakan salat jumat di Kudus usai mengunjungi lokasi banjir, Jumat (22/3/2024). Namun faktanya Jokowi kembali batal berkunjung ke Kudus.

Dari Demak, Jokowi langsung kembali ke Lanumad Ahmad Yani Semarang dan balik ke Jakarta.

Namun, belum diketahui alasan pasti kenapa Jokowi batal ke Kudus. Padahal dalam susunan acara agenda kunjungan Jokowi yang beredar, selain salat Jumat di masjid menara Kudus, Jokowi bakal memantau kondisi lokasi banjir dan kemacetan akibat banjir di wilayah Kudus.

Selama ini di Kabupaten Kudus berkembang mitos bahwa siapa saja atau mereka pejabat yang masuk ke dalam kompleks Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus yang melewati pintu gerbang depan bisa luntur jabatannya. 

Adalah Rajah Kalacakra yang menyebabkan mitos itu berkembang sampai saat ini. Bahkan, pihak Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus memastikan, sangat jarang ada pejabat baik daerah maupun skala nasional yang berkunjung ke Masjid menara Kudus melewati gerbang depan.

Dalam kurun waktu beberapa tahun, rencana Jokowi untuk datang ke Kudus selalu batal. Lantas, apakah Jokowi batal salat Jumat di Kudus terkait dengan mitos tersebut?

Share: