Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Atap Ambruk di SD 6 Hadipolo Bakal Diperbaiki Akhir Maret

Atap ruang kelas di SD 6 Hadipolo yang ambruk pada Minggu (25/2)

KlikFakta.com, KUDUS –¬†Penjabat (Pj) Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie berjanji akan secepatnya memperbaiki atap ruang kelas SD 6 Hadipolo yang ambruk pada Minggu (25/2) sore. Atap di tiga kelas terdampak langsung, meliputi kelas 1, 2, dan 3.

“Saya mendengar kabar dari media online, dari teman-teman wartawan terkait atap ruang kelas yang roboh. Setelah kami tinjau, ada 3 kelas yang tidak bisa digunakan kegiatan pembelajaran,” ungkapnya usai meninjau SD 6 Hadipolo, Rabu (28/2).

Terdapat 19 siswa kelas 1, 23 siswa kelas 2, dan 23 siswa kelas 3 terkena imbas atap ambruk.

Kegiatan belajar mengajar di tiga kelas sementara pindah ke perpustakaan, ruang guru, dan musala.

Tidak seperti di ruang guru, siswa yang belajar di perpustakaan dan musala harus belajar di lantai tanpa meja dan kursi. Oleh karena itu, Pj. Bupati akan menyiapkan meja kecil agar siswa lebih nyaman.

“Kalau siswa di ruang guru kan masih ada meja dan kursi kayak di ruang kelas, tapi yang belajar di perpus dan musala kasian harus menulis dengan membungkuk. Nanti biar disiapkan meja kecil,” terangnya.

Hasan mengatakan perbaikan bakal dimulai akhir Maret dengan perkiraan lama pengerjaan selama 2 bulan. Pihaknya menyiapkan dana 200 juta rupiah untuk memperbaiki atap dan menggantinya dengan baja ringan agar lebih kokoh.

“Insyaallah perbaikan dilakukan akhir Maret. Atapnya kami ganti pakai baja ringan untuk meminimalisir roboh,” paparnya.

Guna mencegah kejadian serupa di sekolah lain, pihaknya meminta Kepala Disdikpora Kudus mengecek kondisi fisik bangunan sekolah yang terdata kondisinya rusak berat. Setelahnya, Hasan memastikan segera mengajukan dana perbaikan pada APBD Perubahan atau APBD 2025.

“Kami punya data sekolah dengan kategori rusak berat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Tapi harus dipastikan secara faktual. Kalau sudah, nanti akan kami ajukan perbaikan di APBD Perubahan atau APBD 2025,” ucapnya.

Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada menjelaskan perbaikan tiga kelas di SD 6 Hadipolo masuk tahap perencanaan dan diperbaiki sekitar akhir Maret.

Harjuna menjelaskan pada 2024, APBD untuk rehab 108 SD mencapai sekitar Rp19,8 miliar, dan DAK sebesar Rp5,3 miliar untuk rehab 7 SD.

Kemudian alokasi APBD untuk rehab 12 SMP sebesar Rp2,8 miliar, dan DAK untuk perbaikan 7 SMP senilai Rp2,7 miliar.

“Rehab SD dan SMP sudah kami alokasikan dari APBD dan DAK. Sementara perbaikan SD 6 Hadipolo segera kami lakukan,” tandasnya

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *