Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Pasar Tradisional di Kudus Bakal Direvitalisasi Tahun Ini

Kegiatan Pembinaan dan Dialog Bersama Pedagang di Gedung Taman Budaya, Bae, Kudus, Selasa (23/1) (Diskominfo Kudus)

KlikFakta.com, KUDUS – Pj Bupati Kudus M. Hasan Chabibie mengutarakan keinginannya untuk merevitalisasi pasar tradisional saat menghadiri kegiatan Pembinaan dan Dialog Bersama Pedagang di Gedung Taman Budaya, Bae, Kudus, Selasa (23/1).

“Salah satu kenyamanan dalam berniaga adalah dengan tersedianya fasilitas yang memenuhi. Revitalisasi pasar jadi langkah kami dalam membangkitkan ekonomi,” ucapnya.

Kudus memiliki 13.437 masyaraat yang berprofesi sebagai pedagang di pasar tradisional. Jumlah besar itu menjadikan sektor ekonomi jadi jantung Kabupaten Kudus berkat perputaran uang yang mencapai lebih dari Rp366 miliar perbulan.

“Angka yang fantastis dalam perputaran perekonomian untuk sebuah kabupaten/kota. Maka tak heran sektor perekonomian menjadi jantungnya Kabupaten Kudus,” ucapnya.

Selain itu, Kabupaten Kudus juga mampu mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp10,8 miliar di tahun 2023 hasil realisasi retribusi.

Ia menyebut Pemkab Kudus telah mempersiapkan anggaran untuk revitalisasi pasar tradisional di tahun 2024 ini.

“Sementara ini ada delapan pasar yang akan direvitalisasi, baik menggunakan danai cukai maupun menggunakan APBD,” sebutnya.

Delapan pasar tradidional itu meliputi Pasar Kliwon, Bitingan, Mijen, Ngembalrejo, Kalirejo, Wates, Jember, dan Baru.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kudus, Andi Imam Santoso menambahkan revitalisasi pasar tradisional dibawah binaan Dinas Perdagangan akan disiapkan anggaran sebesar 5,7 miliar rupiah.

Nantinya, pihaknya juga bakal menyederhanakan retribusi pelayanan pasar dengan menggabungkan antara retribusi pelayanan pasar, retribusi sampah/kebersihan, dan retribusi pemakaian kekayaan daerah (PKD).

“Penyederhanaan retribusi menunggu peraturan bupati yang mengatur petunjuk teknis pemungutan,” imbuhnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • I do not even know how I ended up here but I thought this post was great I do not know who you are but certainly youre going to a famous blogger if you are not already Cheers