Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

KKB Papua Rilis Foto Pilot Susi Air yang Disandera

Pilot pesawat Susi Air, Captain Philip Mehrtens bersama KKB Papua kubu Egianus Kogoya (Foto:kumparanNEWS)

KlikFakta.com – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melalui Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) merilis sejumlah foto yang memperlihatkan aktivitas mereka bersama pilot pesawat Susi Air. Foto itu rilis pada Selasa (14/2).

Pilot pesawat bernama Captain Philip Mehrtens asal Selandia Baru itu disandera setelah pesawatnya dibakar oleh KKB di Bandara Paro (perintis) pada Selasa (7/2).

Mehrtens dalam video yang diterima oleh BBC News pada Selasa mengatakan “Indonesia needs to recognize Papua’s independence [Indonesia perlu mengakui kemerdekaan Papua]”.

Kapolres Nduga AKBP Rio Aleksander Penelewan mengonfirmasi bahwa pihak yang membakar pesawat Susi Air dan menyandera pilot Philip Mehrtens adalah KKB Agianus Kogoya.

“Jadi dari hasil investigasi dari berbagai sumber yang kami kumpulkan bahwa benar KKB Egianus Kogoya yang melakukan penyerangan dan intimidasi serta pembakaran pesawat,” ucapnya sebagaimana dilansir detikSulsel, Selasa (14/2).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo mengatakan pihaknya tengah fokus menjalin komunikasi dengan kelompok TPNPB-OPM melalui tokoh masyarakat.

“Dengan tujuan pencarian terhadap pilot ini bisa didapatkan dengan selamat. Kita menghindari jatuhnya korban,” ucap Benny.

Karenanya, pihaknya tidak berencana menggelar operasi penyelamatan di daerah Paro maupun sekitarnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Dalam keterangan persnya pada Selasa, ia memastikan pemerintah akan mengedepankan pendekatan persuasif.

Sehubungan dengan itu, pihaknya juga terus berkomunikasi dengan pemerintah Selandia Baru.

“Upaya persuasif menjadi pedoman utama demi keselamatan sandera, tetapi pemerintah tidak menutup upaya lain,” ucapnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *