Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Perupa Art Jepara Gelar Karya dan Launching art Shop


KlikFakta.com, Jepara
– Perupa Art Jepara mengadakan acara Launching Art Shop dan Gelar Karya dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila, dengan tema ‘Ngejowantah’ yang dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 5 Juni 2022.Art Shop ini merupakan Galeri Bersama teman-teman Perupa Art Jepara dalam memamerkan karya. Pembukaan Art Shop secara resmi dibuka oleh Komandan Kodim 0719 Jepara yang diwakili Danramil Jepara 01 – Kapten Inf Alex Efendi.

“Acara ini digagas oleh teman-teman Perupa Art Jepara untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Awalnya kita pikir acara sederhana, ternyata antusias komunitas lainnya sangat besar. Sehingga acara terselenggara cukup meriah”, tutur Ketua Perupa Art Jepara, Totok Sunarto. 

Dalam pembukaan Launching Art Shop acara berjalan sangat hidmat. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilakukan juga pembacaan teks Pancasila. Dan disuguhkan pula Tari Reog oleh seniman Perupa Art. 

Danramil Jepara 01 Kapten Inf Alex Efendi sangat mendukung kegiatan ini. Karena Seniman Jepara tergerak mengekpresikan karya dengan tema Hari Lahir Pancasila. “Itu artinya Seniman Perupa Art Jepara memiliki tujuan yang sama untuk menggelorakan jiwa patriotisme serta semangat persatuan dan kesatuan. Membuat Jepara semakin kondusif”,ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara, Kustam Ekajalu mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi acara ini. “Perupa Art Jepara memberikan contoh sebuah kemandirian untuk menghidupkan kesenian di daerah. Sehingga mampu bersinergi bersama dan bergotong royong meningkatkan kesenian baik dari segi kuantitas dan yang terpenting adalah kualitas”,jelasnya. 

Rangkaian kegiatan meliputi hunting foto bersama Komite Fotografi Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara dan puluhan komunitas fotografi di Jepara. Dengan menampilkan karya kostum carnival karya Luna Art. 

Selain itu pemutaran film dokumenter berjudul ‘Rupa Manusia’ karya teman-teman Dewan Kesenian Semarang (DeKaSe). Ada juga Live performance dari musisi Jepara. Diantaranya Kerontjong Jepara, Macan Degor dan Aldinoise. 

Penutupan gelaran launching Art Shop dilaksanakan acara Melukis Bersama On The Spot (OTS) anak usia pelajar. Acara ini bertujuan untuk regenerasi, mencetak pelukis-pelukis cilik berbakat. 

Turut hadir Camat Jepara – Suherman. “Saya berterima kasih kepada Perupa Art Jepara yang mengadakan acara ini. Karena mampu memompa semangat orang tua untuk mensupport anaknya yang mencintai seni lukis. Semoga kedepannya, pemerintah daerah memberikan fasilitas lebih kepada para seniman untuk meningkatkan nilai jual”, tuturnya. 

Hasil dari OTS dipamerkan juga di Galeri Art Shop selama 2 hari. Perupa Art Jepara berharap acara semacam ini akan terus diadakan. Hal ini sebagai motivasi kepada anak-anak usia pelajar agar memiliki kebanggaan akan hasil karyanya dan terus mengembangkan bakat yang mereka miliki. 

(Yov KF)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *