Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Perusahaan Penambang Pasir Laut di Perairan Jepara Akan Berikan Kompensasi Nelayan dan Desa Terdampak


KlikFakta.com, JEPARA
– Perusahaan penambang pasir laut yang akan melakukan penambangan di perairan pantai Balong  Kec. Kembang, Kab. Jepara berjanji akan memberikan kompensasi kepada nelayan dan Desa terdampak. 

Dari data yang dimiliki perusahaan setidaknya ada 1200 Perahu dan 3000  nelayan terdampak yang akan menerima kompensasi tersebut. Hal itu disampaikan Hasan direktur PT. Energi Alam Lestari, Jumat (26/03/2020).

“Untuk nelayan yang terdampak tentunya akan menerima kompensasi dalam bentuk CSR yang besarannya ditentukan sesuai dengan masing – masing kelompok nelayan” ujar Hasan.

Tak hanya pada kelompok nelayan, kompensasi juga akan diberikan kepada Desa yang terdampak. baik akibat abrasi yang sudah ada atau abrasi dari aktivas penambangan perusahaannya.

Setelah selesainya proyek (pasca tambang),  perusahaan  juga akan menggandeng sejumlah pihak untuk kembali mengembalikan fungsi lingkungan alam maupun sosial.

“kami juga ada kegiatan pasca tambang, yang akan dibiayai oleh perusahaan. Dengan menggandeng tokoh nelayan, pemerhati lingkungan yang ada di kabupaten Jepara, LSM kelautan dan  dinas – dinas terkait untuk melakukan penaman mangrove, rumpon atau aktivitas pasca tambang lainnya, misalkan penanaman terumbu karang” Jelasnya.

Selain itu ia juga menjelaskan, aktivitas penambangan akan dilakukan dengan jarak terdekat 4 mil dari bibir pantai dan terluar 6 mil dengan kedalaman laut 30 meter. Menggunakan kapal Trailing Suction Hopper Dredger (TSHD).

“Yang kita ambil hanya pasir urug, bukan pasir besi atau karang” katanya.

Alasan Dipilihnya perairan Jepara  sebagai bahan material urugan reklamasi proyek tanggul laut tol Semarang – Demak. Adalah hasil dari kajian dan survey yang dilakukan perusahaanya di perairan laut Jawa Tengah. Menurutnya, hanya perairan Jepara yang memenuhi syarat.

“Kami sudah melakukan survey diperairan kendal, Semarang dan Demak,. Hanya perairan Jepara  pasir laut nya yang sesuai dengan spek proyek pekerjaan tersebut” jelasnya.

Seperti diketahui, rencana aktivitas pengerukan pasir laut diperairan Jepara ini natinya akan digunakan untuk reklamasi proyek tanggul laut tol Semara – Demak, yang juga berfungsi untuk mengurangi banjir rob di jalan pantura.

Reporter : Ali Akbar

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *