Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Petani di Wonogiri Tertimbun Longsor, Tim SAR Lakukan Pencarian Gunakan Cangkul

Pencarian korban petani lanjut usia yang tertimbun longsor di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri (Foto: Istimewa)

KlikFakta.com, WONOGIRI – Seorang petani tertimbun material tanah longsor di Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri pada Selasa(5/12/2023).

Korban bernama Mijem (60), asal Dusun Mendang RT 02/04 Desa Ngroto Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri saat ini masih dalam tahap pencarian oleh Tim SAR gabungan.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menerangkan, awalnya pada Selasa (5/12/2023) sekitar pukul 09.25 WIB, korban sedang beraktivitas di ladang merabuk jagung. Namun tiba- tiba terjadi tanah longsor.

“Saat kejadian di lokasi ada beberapa orang yang lain bisa menyelamatkan diri namun Bapak Mijem tidak sempat menyelamatkan diri akhirnya tertimbun longsor,” ungkapnya.

Informasi terbaru menyebut korban merupakan perempuan berusia 63 tahun, bukan laki-laki.

Diketahui lokasi pertanahan sawah bentuknya terasering. Di atas ada bukit yang tingginya sekitar 50 meter longsor menimpa persawahan menyebar luas sekitar 25 meter.

Medan yang curam membuat alat berat tidak dapat masuk ke lokasi. Kendaraan bermotor pun tidak bisa menggapai lokasi longsoran.

Walhasil Tim SAR harus menggunakan alat sederhana seperti cangkul untuk melakukan pencarian.

“Upaya pencarian dan pertolongan tim SAR gabungan dibagi menjadi 3 sektor. Tim berupaya dengan metode membersihkan puing longsoran dengan mengunakan alat cangkul dan pompa air menyemprotkan bidang longsor untuk mengurai longsoran,” kata Heru.

“Semoga tim SAR gabungan diberi kemudahan dalam pencarian dan korban cepat ditemukan,” lanjutnya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *