Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Berawal Penjual Pakaian, Kini Beralih Jadi Pengusaha Pindang Asap di Kelurahan Punggursugih Ngawen Blora

Klikfakta.com, Blora – Salah satu progja KKN – IKMB IAIN Kudus kelompok 80, yakni membantu meningkatkan UMKM yang ada di kelurahan Punggursugih, Ngawen, Blora (2/9/2023).

Kelurahan punggursugih memiliki tanah seluas 93 hektar,  luas sawah 31 hektar, dengan penduduk 553 KK. Sehingga banyak masyarakat yang berprofesi sebagai pedangang.

Salah satu UMKM yang ada di kelurahan Punggursugih adalah pindang asap milik Imron. Mulai menjalankan bisnis  asap pindang sejak tahun 2000-an.

”Sebelum memulai bisnis asap pindang, dulunya saya jualan pakaian di pasar ngawen kurang lebih selama 14 tahun. Setelah anak ke 2 lahir dan terkena sakit hidropaulus, saat itu saya dan istri fokus pengobatan anak. Libur total dan akhirnya bangkrut, hingga akhirnya beralih dan mencoba usaha ikan asap bandeng Alhamdulillah sampai sekarang.” Ujar nya.

Modal awal yang Ia keluarkan hanya 100 ribu, Ia memberanikan datang ke tambak ikan yang ada di Rembang.  Zaman dulu harga ikan masih rendah sehingga dengan modal sekian mampu membawa 2 drum ikan pindang untuk produksi asap pindang yang dijual di pasar ngawen dan pasar kunduran blora.

“Setiap hari jam 3  pagi mengambil ikan dari tambak juwana, setelah melakukan pengasapan lalu dijual ke pasar Ngawen dan Kunduran” katanya.

Dulu pihaknya mampu memproduksi 150 gendel ikan bandeng. Namun berkembangnya zaman menyebabkan banyak pesaing sehingga hanya mampu memproduksi 30 – 40 gendel ikan bandeng.

Selain itu, Imron juga menerima pesanan langsung dengan datang ke rumah, hal ini yang menjadikan mahasiswa KKN Kelompok 080 IAIN Kudus untuk membantu serta pendampingan pada masyarakat Punggungsugih, untuk meningkatkan kemampuan pemasaran yang lebih modern sehingga mampu bersaing di era digital seperti sekarang. (AD)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *