Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kota Paling Toleran Terbanyak Ada di Jawa Tengah, SETARA Institute Rilis Datanya

Lawang Sewu destinasi wisata dan ikoon Kota Semarang, salah satu kota paling toleran (Foto: Pikiran Rakyat)

KlikFakta.com – Berdasarkan Rilis SETARA Institute, Jawa Tengah jadi provinsi dengan kota paling toleran terbanyak di tanah air. Dari total 10 kota paling toleran di Indonesia, empat di antaranya berasal dari Jawa Tengah.

Empat kota itu adaah Kota Salatiga (urutan dua), Kota Surakarta atau Solo (urutan empat), Kota Semarang (urutan tujuh), dan Kota Magelang (urutan sepuluh).

Melansir dari Radar Solo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi capaian itu dengan harapan akan memicu daerah lain. “Mudah-mudahan akan semakin banyak kota toleran di Indonesia,” ucapnya, Sabtu (8/4).

Predikat kota toleran ini mengindikasikan masyarakat mampu hidup berdampingan meskipun memiliki latar belakang yang berbeda-beda. “Mau beda agama, suku, ras, dan golongan nggak masalah. Kalau semua toleran pasti bikin hidup kita nyaman semua,” ucap Ganjar.

Sebagai informasi, SETARA Institute merilis laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 pada 6 April 2023. Laporan ini merupakan hasil pengukuran terkait praktik-praktik toleransi kota-kota di Indonesia.

Ada 8 indikator dalam mengukur tingkat toleransi, meliputi: rencana pembangunan, kebijakan diskriminatif, peristiwa intoleransi, dinamika masyarakat sipil, pernyataan publik pemerintah kota, tindakan nyata pemerintah kota, heterogenitas agama, dan inklusi sosial keagamaan.

Dari hasil studi itu kemudian ada 10 kota dengan skor tertinggi IKT 2022. Secara berurutan yakni: Singkawang, Salatiga, Bekasi, Surakarta, Kediri, Sukabumi, Semarang, Manado, Kupang, Magelang.

Daftar itu menunjukkan provinsi Jawa Tengah jadi daerah dengan kota paling toleran terbanyak.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *