KlikFakta.com – Pola makan banyak orang dewasa ini cenderung menyukai sesuatu yang serba instan. Memesan makanan cepat saji jadi pilihan di setiap kesempatan. Bahkan ketika berkumpul, makanan cepat saji jadi andalan.

Namun terkadang, makanan ini tidak sehat bagi tubuh karena mengandung banyak bahan kimia tambahan dan melewati banyak proses pemasakan.

Bagi anda yang sedang ingin mengubah pola makan, mungkin clean eating bisa menjadi pilihan.

Istilah clean eating dikenal luas belakangan tahun ini lantaran digadang-gadang menjadi diet yang sehat. Namun sebenarnya, belum ada definisi khusus tentang pola makan ini.

Secara umum, clean eating merupakan konsep diet dimana seseorang menghindari makanan olahan dan kemasan serta yang mengandung bahan tambahan seperti pengawet. Dalam arti lain, clean eating adalah pola makan yang hanya mengonsumsi makanan utuh, alami, dengan sedikit proses pengolahan.

Pakar diet di British Heart Foundation, Victoria Taylor mengatakan clean eating membawa perubahan positif bagi sebagian orang. Namun dia tidak menyarankan pola makan clean eating yang ketat hingga membatasi diri pada banyak makanan.

“Fleksibilitas dalam pola makanmu sangat penting jika itu akan menjadi pola makan untuk waktu yang lama,” kata dia.

Dia menggarisbawahi perilaku beberapa clean eater yang tidak makan mentega dan susu yang sudah diproses. Padahal penting untuk mengatur asupan bervariasi dalam diet jangka panjang.

Clean eating bisa menjadi pilihan menjanjikan bagi anda yang ingin makan lebih sehat. Melansir webmd.com, berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan:

Makan sumber karbohidrat utuh

Mulailah mengganti pola makan anda dari roti-rotian menjadi sumber karbohidrat yang minim proses, seperti nasi atau umbi-umbian.

Perbanyak buah dan sayuran

Buah dan sayur sering terlewat dalam menu makanan banyak orang. Karena itu penting untuk mulai memperbanyak makan buah dan sayur serta sumber serat untuk menjaga kesehatan.

Perhatikan jumlah gula dan garam

Clean eating juga berarti membatasi konsumsi gula dan garam. Ini karena, secara natural, bahan makanan alami sudah mengandung rasa.

Lewatkan bahan buatan

Batasi konsumsi bahan makanan mengandung bahan buatan seperti pewarna, pemanis buatan, dan pengawet.

Minum banyak air

Daripada meminum minuman tinggi gula dan pemanis, cobalah minum air putih untuk membantu kesehatan.

Hindari makanan yang diproses

Inti dari clean eating adalah kembali ke bahan makanan alami. Karena itu, penting untuk menghindari makanan yang melewati banyak proses, seperti sosis, bakso, dan kornet.

Beberapa pelaku clean eating menghindari lemak nabati, susu, bahkan daging karena menganggapnya tidak alami dan mengharuskan kriteria ketat memilih bahan. Beberapa lainnya tidak.

Namun yang terpenting dalam clean eating adalah memilih bahan makanan alami untuk menjaga kesehatan dan menjalani pola makan imbang.