Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Kirab Budaya Desa Janggalan, Tari Bordir dan Perekat Silaturahmi

KlikFakta.com, KUDUS – Kerajinan bordir Desa Janggalan, Kecamatan Kota semakin dikembangkan melalui tari bordir. Tari kreasi ini dipentaskan dalam kirab budaya dan potensi Desa Wisata Janggalan pada Minggu (21/8/2022).

Bupati Kudus Hartopo yang hadir turut mengepresiasi kreasi tari bordir. “Bagus sekali ya tari bordirnya, sesuai dengan ciri khas Desa Janggalan yang bordirnya sudah populer,” ungkapnya. 

Karena Desa Janggalan sudah terkenal dengan garmennya dari dulu, maka potensinya harus semakin dikembangkan.

Kirab budaya Desa Janggalan merupakan bagian dari rangkaian Buka Luwur Mbah Jenggolo. Hartopo meminta momentum ini menjadi ajang perekat silaturahmi.

“Tradisi ini harus terus dirawat sampai kapanpun. Biar budaya ini bisa dinikmati sampai anak cucu nanti,” imbaunya.

Sementara itu, ketua panitia sekaligus ketua pokdarwis Desa Janggalan dr. Renni Yuniati menjelaskan kegiatan ini jadi ajang merekatkan sinergitas antarpelaku usaha di Desa Janggalan. Sehingga bisa lebih meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Desa Janggalan punya banyak UMKM tapi belum benar-benar berjalan bersama. Adanya acara ini bisa merekatkan kolaborasi,” jelasnya.

Plt. Kepala Dinas Disbudpar Kudus Mutrikah menjelaskan Desa Janggalan yang merupakan desa wisata klasifikasi rintisan terus didorong agar meningkatkan potensinya. Salah satu caranya yakni menyelenggarakan kirab budaya.

“Kirab ini menstimulasi agar Desa Wisata Janggalan lebih berkembang,” ucapnya. (*)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *