Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Perdana Menteri Sri Lanka Jadi Presiden, Rakyat: Sama Saja

Perdana Menteri Sri Lanka Jadi Presiden, Rakyat: Sama Saja

KlikFakta.com – Sri Lanka memasuki babak baru pemerintahan. Ranil Wicjremesinghe (73) yang sudah enam kali menjadi perdana menteri kini diangkat menjadi presiden pada Kamis (21/7/2022).

Ranil menggantikan Gotabaya Rajapaksa yang kabur ke Singapura lalu mengirimkan surat pengunduran diri melalui email.

Dirinya terpilih menjadi presiden melalui pemungutan suara Parlemen pada Rabu.

Meskipun sudah dilantik, rakyat Sri Lanka masih menentangnya karena dianggap sama dengan Rajapaksa.

“Saya berterimakasih kepada Parlemen atas kehormatan ini,” kata Ranil setelah kemenangannya dinyatakan sekretaris jenderal legislatif.

Dia menang dengan total 134 suara dari 225 orang parlemen. Saingan utamanya, anggota parlemen yang berkuasa Dullas Alahapperuma memperoleh 82 suara.

Sebelumnya, Ranil gagal menjadi presiden 2 kali. Pengalamannya sebagai politisi senior menjadi pertimbangan untuk mendukungnya mencari jalan keluar cengkarut ekonomi Sri Lanka.

“negara kita mengahdapi tantangan besar dan kita harus bekerja pada strategi baru untuk memenuhi aspirasi rakyat,” katanya.

protes tetap dilayangkan rakyat. Mereka mengungkapkan kekecewaannya karena nilai dan cita-cita Ranil tidak jauh beda dari Rajapaksa.

“Kami melihat nilai-nilai yang sama, korupsi, dan penindasan di Ranil,” ucap Buwanaka Perera (26), salah satu pengunjuk rasa, mengutip dari Reuters.

(MM)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *