Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Jokowi Minta Kementerian Pertanian Siapkan Kebutuhan Gula Nasional

foto dari ekonomi.bisnis.com

KlikFakta.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan Presiden Joko Widodo berharap ada langkah bersama antar kementerian baik Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian untuk mempersiapkan kebutuhan gula nasional.

Ini karena produksi gula nasional jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhan gula nasioal.

Kebutuhan gula nasional secara umum mencapai 7,3 juta ton. Terdiri dari kebutuhan konsumsi 3,2 juta ton dan industri 4,1 juta ton.

Banyaknya kebutuhan itu tidak sebanding dengan produksi. Jumlah produksi gula nasional hanya mencapai 2,35 juta ton.

Jokowi meminta adanya langkah untuk memperkuat gula konsumsi. Itu artinya sebanyak 850.000 ton gula harus dipersiapkan.

Syahrul menambahkan, pihaknya bersama Menteri BUMN ditugaskan untuk mempersiapkan baik rawat ratoon dari tebu maupun bongkar ratoon.

“Artinya ada lahan-lahan intensifikasi dan lahan-lahan ekstensifikasi yang harus digarap secara bersamaan,” kata Syahrul dalam Keterangan Pers Virtual, Rabu (20/7).

Diharapkan pula agar ada penguatan kebutuhan gula industri. Ini karena kebutuhan gula industri di dalam negeri lebih besar dibandingkan gula konsumsi.

Lebih lanjut, Syahrul menuturkan bahwa Jokowi terus memonitor masalah pangan. Jokowi pun menginstruksikan kementerian terkait untuk dapat memberikan dukungan dalam memperkuat kebutuhan gula konsumsi nasional.

“Menteri BUMN diberikan arahan untuk mulai dari hulu sampai hilir terlibat, dan menteri lain tentu saja sesuai dengan teknis kementerian atau tugas kementerian lain untuk memberi dukungan agar Menteri BUMN bisa melangkah lebih cepat memperkuat kebutuhan-kebutuhan gula konsumsi kita khususnya, dan secara bertahap akan masuk pada gula industri yang cukup besar itu,” tuturnya.

(MM)

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *