Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Marak Uang Palsu, Ada Hubungan dengan Pilkada Serentak ?

ilustrasi

 klikFakta.com, JAKARTA – Dalam beberapa pekan terakhir, polisi mengungkap sindikat uang palsu di sejumlah daerah. Di Bogor, aparat meloloskan uang pecahan Rp 100 ribu juga 60 ribu lembar. Di Surabaya, terungkap peredaran uang pecahan Rp 100 ribu sebanyak 916 lembar dan 10.000 dolar Singapura. Bumerang pun disebut uang dengan pilkada, yakni untuk politik uang.
Ketua DPR Bambang Soesatyo merespon hal tersebut. Pihaknya Menunjuk Badan Intelijen Negara (BIN) yang menelisik peredaran uang. Dia lebih meningkatkan jumlah uang yang ada dengan Pilkada Serentak 2018 dan Persiapan Pemilu 2019. Bambang mengatakan, fenomena itu tak perlu dibiarkan.
”BIN perlu melakukan pekerjaan khusus pembuatan jaringan dan pengedar uang. Kami juga menolak menciptakan regulasi yang berdampak cepat dalam mengantisipasi peredaran uang, ”kata Bamsoet, sapaan akrabnya, seperti dikutip suaramerdeka, Rabu (28/3/2018).
Menurut dia, Komisi Pemilihan Umum telah membuat regulasi jitu untuk mengantisipasi politik uang pada Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019.
Dia juga mendesak untuk mengungkap aktor intelektual di balik pemalsuan itu. Di sisi lain, Bank Indonesia (BI) perlu menghitung sistem uang tunai rupiah dengan teknologi terbaru. Sebagai perbandingan, negaranegara di Eropa sudah menggunakan kinegram untuk fitur keamanan uang mereka.
”Keaslian uang rupiah harus bisa ditayangan atau dipalsukan. Eropa sudah memakai kinegram, sementara rupiah masih menggunakan teknologi hologram, ”katanya.
Disparitas, Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK) gangguan 1.066 laporan transaksi keuangan dan 53 transaksi melalui pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Kendati demikian, sesuai Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin, Temuan itu belum tentu merupakan tindak pidana.
“Tapi itu adalah laporan transaksi,” katanya dalam Diskusi Pencegahan dan Pemberantasan Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme dengan Pers Nasional di Bogor, kemarin.
Ia menambahkan, temuan itu akan diperdalam atau dibagi-bagi lagi, mana yang benar-benar tindak pidana. Sebelumnya, PPATK menyebutkan bahwa ke-1.119 transaksi yang terjadi sejak akhir 2017 hingga awal 2018.
Menurut Wakil Kepala PPATK Dian Ediana Rae, nilai sebagian transaksi mencapai puluhan miliar rupiah. “Ini terkait pilkada, secara otomatis juga berkaitan dengan calon-calon kepala daerah itu,” ungkap Dian.
Menurutnya, laporan-laporan tersebut akan agar-agar bisa diganti ke pihak yang terhormat. “Kalau itu terkait pemilu kami bawa ke Badan Pengawas Pemilu, korupsi ke Komisi Pemberantasan Korupsi, kalau dengar biasa ke kepolisian,” jelasnya.
klikFakta.com/089-Ed

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Hello,

    I just wanted to know if you require a better solution to manage SEO, SMO, SMM, PPC Campaigns, keyword research, Reporting etc. We are a leading Digital Marketing Agency, offering marketing solutions at affordable prices.

    I am SEO/Digital Marketing Consultant and I work with 30+experienced IT professionals who are into:

    SEO – ( Full SEO Packages with plan and activities).

    SMO – ( Facebook , Twitter, LinkedIn, YouTube Etc.).

    If you are interested, then we can send you our past work details, client testimonials, price list and an affordable quotation with the best offer.

    Many thanks,
    Monarch

    Your Website : klikfakta.com

  • Hi there

    I wanted to reach out and let you know about our new dog harness. It’s really easy to put on and take off – in just 2 seconds – and it’s personalized for each dog.
    Plus, we offer a lifetime warranty so you can be sure your pet is always safe and stylish.

    We’ve had a lot of success with it so far and I think your dog would love it.

    Get yours today with 50% OFF: https://caredogbest.com

    FREE Shipping – TODAY ONLY!

    Many Thanks,

    Laurinda

  • Hi

    I am writing to you on behalf of The Well Connection UK, a media and publishing company. We could easily get klikfakta.com featured in various publications such as magazines, online blogs and news sites. This would undoubtedly help klikfakta.com with publicity, reputation, domain authority and organic search engine rankings.

    We have a wide range of options including completely free collaborations, sponsored posts, guest posts and banner ads.

    If this sounds of interest, please reach out to the senior business development manager, Anita at info@thewellconnection.co.uk and whatsapp +447395206515 (GMT)

    Kind regards

    Alethea
    Junior Outreach Assistant